Hargailah segala yang engkau miliki, engkau akan memiliki lebih lagi, jika engkau fokus pada apa yang tidak engkau miliki, engkau tidak akan pernah merasa cukup dalam hal apapun ***** Sebelum engkau mengeluh tentang suami atau isteri anda, pikirkanlah tentang seseorang yang memohon kepada sang Maha Pencipta untuk diberikan teman hidup ***** Kesetiaan merupakan sifat yang paling suci dari hati manusia, nikmatilah hidup engkau dengan melakukan kebaikan meskipun hal – hal kecil, karena suatu saat nanti jika menoleh ke belakang, ternyata hal – hal kecil itu tidak kecil ***** Janganlah engkau bersedih hati kecuali karena sesuatu yang akan mencelakakanmu esok di akhirat dan janganlah engkau bersenang hati, kecuali karena sesuatu yang akan menyenangkannya di alam keabadian nanti(Abdullah bin Khubaiq ***** Jika Anda tidak bisa menjadi orang pandai, jadilah orang yang baik ***** Air mata cinta dan hati berbisik "mencintai sesuatu memang tidak harus memiliki tetapi mencintai Alloh yang harus kita miliki, ya Robb anugerahkanlah kami cinta yang benar dengan cara yang benar seperti yang Engkau harapkan

Kenapa lebih cepat lupa..?

Soal lupa, sulit konsentrasi atau kebingungan arah, bisa merupakan kejadian wajar atau gejala awal kepikunan, terutama bila intensitasnya kerap terjadi. Kepikunan memang berkait erat dengan penurunan kemampuan fungsi otak yang pasti terjadi seiring proses penuaan. Meski demikian, tua tak mesti berarti pikun kok.

Sebagaimana organ tubuh lain, otak manusia juga mengalami penurunan fungsi seiring bertambahnya umur. Penurunan fungsi otak, yang berakibat pada gangguan daya ingat atau intelegensia ini disebut dimensia atau pikun. Jadi, pikun sebenarnya kondisi wajar untuk mereka yang sudah memasuki usia tua, meski, ada juga kepikunan yang terjadi karena penyakit yang merusak jaringan otak seperti Alzheimer.
Kepikunan bisa menggejala secara ringan saja seperti lupa dimana meletakkan barang. Namun, pada tingkat parah, penderita demensia bisa tidak dapat mengenali dirinya, keluarga, dan lingkungannya sehingga menjadi sangat tergantung pada orang lain. Ini biasanya terjadi pada mereka yang mengalami kepikunan karena penyakit, baik penyakit Alzheimer atau penyakit aterosklerosis (sumbatan) pada pembuluh darah.
Stimulasi otak sampai tua
Seperti mesin, semakin sering digunakan,organ tubuh kita akan cepat aus. Namun, hal yang berbeda berlaku pada otak. Semakin tua seseorang, otaknya memang akan mengalami berbagai perubahan struktur maupun kimiawi yang khas, sehingga fungsi maksimalnya menurun, tetapi tingkat "keausan" otak justru bisa diperlambat bila otak semakin banyak dan sering digunakan. Begitu pula penerapan pola hidup-cukup olahraga dan gizi imbang serta jauh dari rokok, alkohol dan zat-zat terlarang-akan turut membantu memaksimalkan fungsi otak untuk waktu yang lebih lama.
Jadi, terus belajar dan banyak melakukan aktivitas yang bermanfaat, merupakan kunci stimulasi terhadap otak, karena dari stimulasi inilah sel-sel syaraf otak terus dirangsang untuk hidup, aktif dan berkembang. Dengan terus menstimuli otak, kemungkinan terjadinya sumbatan, lesi (luka), bahkan luruhnya sel-sel otak (yang biasa terjadi pada sel-sel yang lama tidak digunakan) bisa di minimalisasi.
Fungsi otak dapat dirinci dan dipilah-pilah.Fungsi otak belahan kiri berpusat pada urusan kemampuan baca-hitung-tulis yang logis analitis. Sementara otak belahan kanan berperan pada urusan pemantauan dan perlindungan diri terhadap lingkungan,sosialisasi, spiritual, musik, kesenian, peribahasa, dan emosi.
Aktivitas dua belahan otak ini dikoordinasi secara fisiologis melalui serabut saraf (korpus kalosum) yg brfungsi menjadi jembatan komunikasi antara kedua belahan otak.
Jembatan ini memungkinkan orang menggunakan kedua belahan otak secara bergantian maupun komplementer. Dan semakin banyak aktivitas yang merangsang sel-sel syaraf otak kiri dan kanan, juga merangsang "hidupnya" jembatan saraf, akan membuat penggunaan otak secara keseluruhan menjadi semakin maksimal dan kepikunan pun dapat diperlambat.
Hanya 20 persen sepanjang hidup
sepanjang umur, umumnya manusia hanya menggunakan tak lebih dari 20 persen kemampuan otaknya. Sebanyak 80 persen lagi, hilang dan luruh seiring tak termanfaatkannya sel-sel otak sejak masa balita. Namun, dalam memanfaatkan yg 20 persen ini pun tak banyak orang yg bisa mencapai taraf maksimal, terbukti dari terdapatnya jutaan orang yg mengalami kepikunan di dunia. Untuk kasus indonesia, hingga saat ini diketahui ada sekita 15 juta jiwa penduduk usia manula dan 15 persen diantaranya mengalami kepikunan.
Umumnya, fungsi otak belahan kanan memang lebih cepat menurun. Daya ingat visual yang menurun, membuat orangtua mudah lupa wajah orang, sulit berkonsentrasi dan cepat beralih perhatian. Selain itu, juga terjadi kelambanan pada tugas motorik sederhana seperti berjalan, berlari, membuka dan menutup tangan dan banyak lagi.
Stimulasi untuk meningkatkan kemampuan otak belahan kanan perlu diberikan porsi yang memadai, berupa latihan atau permainan yang prosedurnya membutuhkan konsentrasi atau memori visual termasuk melakukan aktivitas seperti banyak bergaul, bersilaturahmi, aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial dan lain-lain.
Sementara fungsi otak kiri bisa dimaksimalkan dgn melakukan aktivitas-aktivitas rutin secara kontinyu, seperti membaca Alquran, menulis buku harian, membaca buku, bhkan sekedar melakukan kegiatan2 rutin rumah tangga seperti memasak, membetulkan pagar, dan banyak lagi.
Semua stimuli otak ini dapat kita rangkum dalam sebuah kata kunci pencegah kepikunan, yaitu use it or lose it! Dan menjadi jelaslah bagi kita salah satu sisi penting dari ajaran Rasulullah saw ketika memerintahkan kita untuk terus belajar semenjak dari buaian hingga ke liang lahat. Selain membuat umat lebih cerdas, juga bisa mencegah kepikunan.
Dengan demikian, setidaknya ada tiga jalan yg bisa dilakukan sejak usia muda, untuk memperlambat atau mencegah datangnya pikun. Pertama, ingat prinsip "belajar selama hayat dikandung badan". Artinya, jangan pernah berhenti belajar. Terus menstimulasi otak dengan perbanyak makan buah dan minum vitamin. Rajin olahraga dan hidup sehat.

sumber: berbagai sumber

44 comments:

Anonymous,  July 3, 2009 at 7:52 AM  

selamat malam....salam kenal Denpry.. trimaksih telah berkunjung ke gubuk ibu....blog nya bagus banget ya....

De, ibu minta ijin bisa gak ngepost artikel ini untuk blog ibu....bagus untuk dibaca semua ....

Trimaksih ya. salamkenal untuk keluarga,..anaknya lucu...seperti cucu ibu.

Zhys July 5, 2009 at 9:30 PM  

mampir ke blog aq jga y sob??? dan jgan lupa ksh comment... hehehe

Arie_C July 5, 2009 at 10:40 PM  

nah sob ni kasi koment semoga gak lupa ya!
ditunggu coment balik na!

Macam2 Info July 6, 2009 at 1:54 AM  

kayak lagu kuburan, lupa2 lupa lagi kuncinya he...he...

Deborah Katy July 6, 2009 at 3:01 AM  

I found a translator buttom :-)
Good information to know. I thought only alcohool did harm the brains never thought cigarettes could do that too. Now I got worried cause i am a smoker...

Wild River Guitar July 6, 2009 at 10:05 AM  

Makasih untuk mengomentari di saya blog saya berharap terjemahan ini berjalan
http://www.toggletext.com/main.cgi?page=translation

kid84 July 11, 2009 at 10:27 PM  

kena always train otak kiter supaya kiter tidak lupa easily.

Keke Naima July 14, 2009 at 12:17 AM  

makasih y buat tipsnya.. cocok nih buat sy yang pelupa..

Zico July 15, 2009 at 11:39 PM  

mampir dlu ah... jgan lupa mampir ke blog aq jga y??? dn ksh comment.. heheh

Aneuk Nanggroe July 21, 2009 at 2:01 AM  

iyah..! sy juga sreing lupa..! terutama kalo ada yg minta utangya balek..! he..he..

arkasala July 21, 2009 at 3:36 AM  

tips yang bagus cocok untuk saya yang sudah mulai banyak lupa. he he. aku print neh. trims ya. salam

Abd Rahman Md Desa July 21, 2009 at 7:15 AM  

Sebab kita malas nak mengingat...tulah punca kit mudah lupa..ambil pen dan kertas ...CATIT...tapi jangan lupa kat mana kita letak kertas tu pulak...

Ansgarius July 21, 2009 at 11:21 AM  

blognya bagus apalagi tipsnya.. saya agak pelupa juga sih.. thank you

lina-happy family July 22, 2009 at 5:39 AM  

Akhir2 ini saya sering lupa, harus bawa catatan ke mana2. Terima kasih ya... artikelnya bermanfaat nih...

journey July 23, 2009 at 10:59 PM  

aku sering banget lupa, makanya setiap aku inget sesuatu suka ditulis dibuku "lupa" itung-itung mengingatkanlah...

AD1N July 26, 2009 at 7:35 PM  

aku mo nulis apa ya ko lupa .... hehehe... tks 4 info.:)

stroevanka July 27, 2009 at 7:38 PM  

good post,,,, thank 4 the info,,,,,,

adedosol July 27, 2009 at 8:54 PM  

Manusia memang tempatnya salah dan lupa, thanks infonya, salam kenal

Asrizal Wahdan Wilsa July 29, 2009 at 5:51 AM  

numpang baca, dapat lebih pengetahuan..
o ya, link mu sudah terpasang di blog ku, pasang link ku juga ya...

Ello Aris July 29, 2009 at 11:02 PM  

Manusia di dunia emang nggak ada yg sempurna. kalo punyaa kekurangan diterima aja.

Carlos July 30, 2009 at 5:14 PM  

Hi,thank you for the visit.

Medical Books July 31, 2009 at 9:30 AM  

hello have a nice day,
interesting post

from
Medical Books

Deni August 3, 2009 at 7:02 PM  

Dan, biasakan untuk mengunjungi serta tinggalkan komentar yang bergizi dan cerdas di blog teman.. biar gak lupa, setidaknya adanya komentar akan mengasah ingatan kita.. betul? :)

salam kenal ya bos

kit pes August 4, 2009 at 2:44 AM  

karena sudah tua jadi pikun. . .

Morika 金玲 August 4, 2009 at 4:15 PM  

Good morning my dear friend thanks for the visit, sorry i'm late, wish you all the best

Unknown August 17, 2009 at 7:54 PM  

Good post sob,,
 
kunjung balik ya di

Free Facebook Layout 
Naikan traffic dgn promosi blog lewat facebook 
Cara Memasang flash label di blog
 
 
Jangan lupa ngomentnya xeps...!!!
 
________________________________________________________________________
Download segera software ini asyik di pake bwt nge-NET  

Flash LIve USB 1.2 

Nantikan Versi Selanjutnya....!

Saung Web August 19, 2009 at 6:23 AM  

Postingan yang bagus sobat.. btw aku dah follow tuh.. followback ya..

Pascal August 19, 2009 at 10:44 PM  

bikin skedul donk, biar ga cepet lupa hehehe

Herdoni Wahyono August 20, 2009 at 5:56 PM  

Tips agar kita tidak cepat pikun atau pelupa :

1. Beri makan otak
Lemak dalam makanan berkadar lemak tinggi bisa berimbas buruk pada sinaps otak. Sinaps adalah bagian yang menghubungkan neuron otak dan penting untuk belajar serta mengingat. Untuk menyehatkan bagian ini, makan banyak-banyak ikan salmon, buah kiwi dan semua makanan yang mengandung asam lemak omega-3.

2. Lakukan olahraga
Olahraga bisa meningkatkan daya ingat, berpikir lebih jernih dan mengurangi risiko penyakit kognitif. Sebab olahraga akan mengurangi tekanan pada tubuh, memompa energi lebih banyak ke otak. Aktivitas ini juga memicu pelepasan bahan kimia yang menguatkan neuron.

3. Olah otak
Mengisi TTS, main games memori, ternyata juga olah otak yang mencegah kepikunan. Aktivitas ini menstimulasi otak sehingga otak kita terlatih untuk mengingat-ingat selalu alias tidak malas berpikir.

4. Trik memori
Agak mirip dengan yang di atas, kegiatan ini membiasakan kita mengingat-ingat dan mengontrol daya ingat. Membuat prediksi juga bisa membantu proses daya ingat.

5. Istirahatkan
Walau otak kita genius, kalau dipakai terus juga akan lelah. Maka beri istirahat agar kelak bisa bekerja lebih baik lagi.

Cyntia August 20, 2009 at 10:58 PM  

makasih dah sharing ya kak. mungkin faktor usia juga bisa bikin orang cepet lupa :)

gema_gogo August 21, 2009 at 1:32 PM  

Info yang bagus bro,,

gak slalu orang tua yang sering lupa.

anak muda juga banyak yang sering lupa, pikun di usia muda..

BaBel August 24, 2009 at 1:15 AM  

karena kita adalah manusia biasa. jdi wajar klo cepet lupa..
:) hehehe.
thnks dah kunjung bro . .

Dodik August 26, 2009 at 7:14 AM  

Lupa dan salah adalah dua sifat manusia, Allah swt memaafkan

Bhakti August 26, 2009 at 8:27 PM  

Saya juga sering lupa tuh..!!hehe... mantep tuh tambahan dari mas Herdoni Wahyono...:)

Oh, iya sob, bannernya sidocity mana kok ga ada coz mo tak tempelin di blogku, kalo linknya sih
udah nempel.. Thaks boss:)

pengenpintar September 7, 2009 at 7:59 PM  

wuidihhhh
blogger skr emang keren2
udah blognya keren
postinganya keren
alexanya keren
orgnya pasti keren
hihihhi

dody September 7, 2009 at 8:14 PM  

Oke Dech, Banyak dan selalu Belajar membuat kita tidak sering lupa (pelupa)

berkunjunglah September 8, 2009 at 8:00 PM  

Bagi mereka yang pelupa coba refreshing ditempatku, entahlah tingkat pelupa saya sudah level mana? Yang jelas dengan isi TTS dan bermain SUDOKU kepikunan saya tidak seperti dulu lagi!

den admin May 28, 2010 at 2:50 AM  

terimakasih kedatanganya dan komentarnya untuk semu yang pernah berkunjung kesini

kinghorsetoto November 12, 2020 at 7:25 AM  

Kabar Baik Untuk Para pencinta Game
Karena di Bulan januari ini Sudah keluar Game RPG Online Terpopuler Se-Asia
Penasarankan Game nya Seperti apa???
Kalian bisa dilihat game nya dari link di bawah yaaa

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

Popular Posts

KLICK AND PLAY YOUR RADIO CHANEL




RADIO MTA FM SOLO



RADIO HANG BATAM



RADIO SUARAQURAN LOMBOK



RADIO SYIAR SUNNAH JOGYA



RADIO AL MADINAH



RADIO AL MUJAHIDIN



RADIO SUARAWAHDAH



RADIO JAKARTA ISLAMIC CENTER



RADIO ANNAJIYAH BANDUNG



RADIO MQ FM BANDUNG



RADIO ANNASH JAKARTA



RADIO RODJA JAKARTA



RADIO MOESLIM JOGYA



RADIO DAKWAH SYARIAH SOLO



RADIO KAJIAN ONLINE MEDAN



RADIO MANAJEMEN HATI



RADIO AMPEL DENTA SURABAYA



RADIO HIDAYAH PEKANBARU



RADIO AL MUADZ KENDARI



SUARA MUSLIM SURABAYA



RADIO AL IMAN SURABAYA



RADIO NURUSUNNAH FM



RADIO SYIARSUNNAH FM



RADIO SALING SAPA



RADIO RASS FM JAKARTA



RADIO ABATASA FM



RADIO NURIS TANGERANG



RADIO AL HIKMAH BANYUWANGI



  ©Template by denpree creation.