Hargailah segala yang engkau miliki, engkau akan memiliki lebih lagi, jika engkau fokus pada apa yang tidak engkau miliki, engkau tidak akan pernah merasa cukup dalam hal apapun ***** Sebelum engkau mengeluh tentang suami atau isteri anda, pikirkanlah tentang seseorang yang memohon kepada sang Maha Pencipta untuk diberikan teman hidup ***** Kesetiaan merupakan sifat yang paling suci dari hati manusia, nikmatilah hidup engkau dengan melakukan kebaikan meskipun hal – hal kecil, karena suatu saat nanti jika menoleh ke belakang, ternyata hal – hal kecil itu tidak kecil ***** Janganlah engkau bersedih hati kecuali karena sesuatu yang akan mencelakakanmu esok di akhirat dan janganlah engkau bersenang hati, kecuali karena sesuatu yang akan menyenangkannya di alam keabadian nanti(Abdullah bin Khubaiq ***** Jika Anda tidak bisa menjadi orang pandai, jadilah orang yang baik ***** Air mata cinta dan hati berbisik "mencintai sesuatu memang tidak harus memiliki tetapi mencintai Alloh yang harus kita miliki, ya Robb anugerahkanlah kami cinta yang benar dengan cara yang benar seperti yang Engkau harapkan

Pentingnya Managemen & Fasilitas yang Baik Di Birokrasi

Pernahkah anda mengeluh dengan pekerjaan anda, dan nyamankah anda bekerja dengan kondisi lingkungan sekitar anda..mungkin sebagian orang akan menjawab pernah dan tidak nyaman dengan kondisi lingkungan yang kurang menyehatkan. Pertanyaan ini memang cocok untuk ditujukan kepada pekerja bawahan yang sering kurang mendapat perhatian katakanlah sebagai tata usaha kearsipan, meskipun sepele namun pekerjaan ini sangatlah berat tantangan dan tanggung jawabnya disamping berteman dengan debu dan pengabnya suasana ruangan. Penempatan pegawai yang tidak sesuai dengan kadar volume kerja akan berdampak buruk terhadap pegawai lainya, akhirnya timbul kekecewaan tentu ini juga perlu diperhatikan. Secara fakta hal ini masih banyak sekali ditemukan di lapangan.


Masalah organisasi unit kearsipan pada saat ini yang terdapat disuatu instansi atau departemen atau non departemen dan perusahaan sering kurang mendapat perhatian unit kearsipan yang terdapat di instansi atau departemen atau non departemen dan perusahaan dimana petugas kearsipan itu bekerja sama dengan unit kerja lain untuk mencapai suatu tujuan. Kedudukan unit kearsipan di setiap instansi akan menentukan juga kualitas karyawan, kedudukan unit kearsipan terlalu rendah, maka kita akan memperoleh karyawan yang berpendidikan rendah dan kegiatan unit kearsipan akan serba terbatas, serta tidak akan mungkin dapat mengatur kerja sama yang harmonis dengan unit kerja yang lainnya.Sehingga teknis dalam bidang kearsipan selalu terus terbelakang dan tidak akan mampu membantu instansi untuk maju.
Instansi yang modern selalu akan dipengaruhi oleh perkembangan masyarakat, ilmu pengetahuan, dan teknologi sehingga akibatnya unit persiapan harus dinamis dan berkembang sesuai perkembangan instansi.

Kalau kedudukan unit kearsipan terlalu rendah maka kearsipan akan tertinggal dan tetap diremehkan fungsinya pada hari ini, hari esok dan masa depan. Kedudukan unirt kearsipan tersebut mutlak harus dipikirkan kedudukannya serta kerja sama yang harmonis dengan unit kerja lain sehingga tercapai tujuan yang memuaskan. Jadi arsip merupakan suatu wadah yang melakukan segala kegiatan pencatatan, penanganan, penyimpanan dan pemeliharaan surat-surat yang mempunyai arti penting, baik ke dalam maupun keluar, baik menyangkut soal-soal pemerintah maupun non pemerintahan, dengan menerapkan kebijaksanaan dan system tertentu yang dapat dipertanggungjawabkan. Pengarsipan sangatlah penting disamping untuk menjamin keselamatan bahan pertanggungjawaban tentang perencanaan, pelaksanaan dan penyelenggaraan kehidupan kebnagsaan serta untuk menyediakan bahan pertanggungjawaban, kearsipan sebenarnya sangatlah potensial dan tidak mungkin dapat dihapus dalam menunjang kelancaran kegiatan administrasi sehari-hari disegala bidang kegiatan. Kearsipan mempunyai peranan sebagai pusat kegiatan, sebagai sumber informasi, dan sebagai alat pengawas yang sangat diperlukan dalam setiap organisasi dalam melakukan kegiatan perencanaan, penganalisaan, pengembangan, perumusan, kebijaksanaan, pengambilan keputusan, pembuatan laporan, pertanggungjawaban, penilaian dan pengendalian setepat-tepatnya.

Untuk menjadi petugas kearsipan yang baik adalah harusnya mempunyai mental yang kuat, keuletan, terampil, tekun, dapat memegang rahasia, disiplin, tidak mudah bosan, dan harus terdidik. Unit kearsipan tidak mungkin pula dapat berperan dengan baik apabila produktivitas kerja rendah. Unit kearsipan benar terwujud sebagai pusat ingatan, sumber informasi dan sumber sejarah atau bukti pertanggungjawaban, kalau petugas kearsipan yang selama ini selalu berkembang dalam bendel-bendel berdebu, ruangan yang berpengap, kotor, tidak ada fasilitas terus dibiarkan tidak terurus dan tidak dijamah oleh pimpinan instansi yang berwenang. Untuk itulah perlu diperhatikan betul kondisinya fasilitas dan prasarana yang baik supaya pegawai yang ditempatkan di kearsipan bisa bekerja dengan nyaman dan tentunya juga diberikan jumlah pegawai yang seimbang dengan volume pekerjaan.


10 comments:

heru December 31, 2009 at 5:04 AM  

artikel yang menarik dan telah menambah wawasan saya terima kasih sobat, salam sukses selalu

den January 2, 2010 at 1:03 AM  

terimakasih mas herues...amin..sukses juga menyertaimu

Teaching English to Indonesian SMP Students February 10, 2010 at 3:09 AM  

Mau sekalian curhat ah, jadi kemaren ane mau urus KRS buat smester depan eh ternyata KRS smester kemaren yang dikumpulin ke TU bisa-bisanya HILANG RAIB entah kemana.

Pada ga pernah baca tulisan ente ini apa, yah tu petugas TU di kampus ane?

Teaching English to Indonesian SMP Students

Subscribe to English Idiom

Anita February 11, 2010 at 9:04 AM  

Yup setuju banget mas pri, sebaiknya manajemen kearsipan sangat memerlukan perhatian, dan sebaiknya didukung dengan sarana dan prasarana, tekhnologi informasi, dan sumber daya manusia yg memadai,..gud luck for managing archives! hope we can do work more effective and efficiently

den_admin February 11, 2010 at 8:00 PM  

@teaching...ya itu mach petugas TU nya kurang teliti dalam pengarsipan berkas..nah itu kan mugkin petugas TU nya males ato kurang nyaman dgn tempat ia bekerja karena fasilitas gak nyaman..coba klo tempatnya bekerja aman nyman..dan tidak seprti ket. diatas pasti aku jamin berkas gak ada yang hilang...thanks

den_admin February 11, 2010 at 8:21 PM  

aNITA..makasih ya nit..betul banget fasilitas sangat dibutuhkan, apalagi kayak tempat seperti itu siapa yang mau lama2 disitu..bos aja gak nnyentuh tempat itu....dan terus terang aja aku bangga punya teman kayak kamu..karena program yang kamu buat menjadikan kerjaanku jadi mudah dan cepat....secepat modernisasi..suwun ya nit mo berkunjung ksini

Mursalin February 12, 2010 at 12:31 AM  

Trims artikelnya mas .. jadi dapet pengetahuan baru :)

den admin February 17, 2010 at 1:15 AM  

mur...makasih mas udah mampir kesini..jangan pernah sungkan2 lagi datang kesini yach

resistanCe February 28, 2010 at 7:32 PM  

keren postingannya bro....

den admin February 28, 2010 at 8:47 PM  

@resistance..thanks for you...makasih mas atas kunjunganya kesini

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

Popular Posts

KLICK AND PLAY YOUR RADIO CHANEL




RADIO MTA FM SOLO



RADIO HANG BATAM



RADIO SUARAQURAN LOMBOK



RADIO SYIAR SUNNAH JOGYA



RADIO AL MADINAH



RADIO AL MUJAHIDIN



RADIO SUARAWAHDAH



RADIO JAKARTA ISLAMIC CENTER



RADIO ANNAJIYAH BANDUNG



RADIO MQ FM BANDUNG



RADIO ANNASH JAKARTA



RADIO RODJA JAKARTA



RADIO MOESLIM JOGYA



RADIO DAKWAH SYARIAH SOLO



RADIO KAJIAN ONLINE MEDAN



RADIO MANAJEMEN HATI



RADIO AMPEL DENTA SURABAYA



RADIO HIDAYAH PEKANBARU



RADIO AL MUADZ KENDARI



SUARA MUSLIM SURABAYA



RADIO AL IMAN SURABAYA



RADIO NURUSUNNAH FM



RADIO SYIARSUNNAH FM



RADIO SALING SAPA



RADIO RASS FM JAKARTA



RADIO ABATASA FM



RADIO NURIS TANGERANG



RADIO AL HIKMAH BANYUWANGI



  ©Template by denpree creation.