Hargailah segala yang engkau miliki, engkau akan memiliki lebih lagi, jika engkau fokus pada apa yang tidak engkau miliki, engkau tidak akan pernah merasa cukup dalam hal apapun ***** Sebelum engkau mengeluh tentang suami atau isteri anda, pikirkanlah tentang seseorang yang memohon kepada sang Maha Pencipta untuk diberikan teman hidup ***** Kesetiaan merupakan sifat yang paling suci dari hati manusia, nikmatilah hidup engkau dengan melakukan kebaikan meskipun hal – hal kecil, karena suatu saat nanti jika menoleh ke belakang, ternyata hal – hal kecil itu tidak kecil ***** Janganlah engkau bersedih hati kecuali karena sesuatu yang akan mencelakakanmu esok di akhirat dan janganlah engkau bersenang hati, kecuali karena sesuatu yang akan menyenangkannya di alam keabadian nanti(Abdullah bin Khubaiq ***** Jika Anda tidak bisa menjadi orang pandai, jadilah orang yang baik ***** Air mata cinta dan hati berbisik "mencintai sesuatu memang tidak harus memiliki tetapi mencintai Alloh yang harus kita miliki, ya Robb anugerahkanlah kami cinta yang benar dengan cara yang benar seperti yang Engkau harapkan

Memaksimalkan Potensi Kebaikan

Sebagai manusia biasa tentunya kita tak akan pernah luput dari segala kesalahan. Di nilai dari segi potensial manusia memang mempunyai peran yang positif maupun negative. Dan sisi positif itu adalah suatu kebaikan yang membawa kita ke ladang amal duniawi yang menjadi tabungan kita kelak di akhirat sedangkan peran negatifnya adalah kejelekan/kejahatan yang membawa kita tersesat/dosa. Sungguh tiada manusia yang sempurna, ada kelebihan(kebaikan) pasti ada kelemahan(kejelekan). Setiap orang pasti mempunyai sisi kebaikan maupun keburukan. Ada sifat dominan tentang hal tersebut seperti halnya dengan bakat seseorang, ketika kita punya bakat dan kita bisa memaksimalkannya maka hasil yang dicapai tentunya lebih baik.

Segala yang ada di dunia ini semua adalah ciptaan-Nya. Dia menciptakan kebaikan dan kejahatan untuk menguji hamba-hamba-Nya. Jika manusia bisa atau lolos mengatasi ujian_Nya maka dia akan semakin kuat nilai keimanan yang ada pada dirinya begitu sebaliknya jika manusia tidak lolos dalam mengatasi ujian maka dia akan semakin jatuh dan sulit untuk bangkit. Kebaikan maupun keburukan adalah bagian  dari takdir_Nya, namun harus kita ketahui bahwa Allah memerintahkan kita untuk mengejar kebaikan dan bukan keburukan. Dia menguji ketaatan dan kemampuan kita untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk agar kita semakin kuat dan jangan sampai menurunkan tingkatan kita atau meragukan-Nya.

Tingkat kita didunia ini adalah untuk membedakan mana yang baik dan yang buruk . Namun Sang Pencipta tidak pernah berada pada tingkatan tersebut, Dia Maha Agung dan diatas segala pembatasan itu. Artinya bahwa manusia akan selalu berada dalam kategori itu, siapapun kita dan apapun yang telah kita capai, pengalaman membuat kita bisa merasakan perbedaan antara yang baik dan yang buruk.

Alloh SWT sang Pencipta. Adalah hak-Nya untuk memberi ujian bagi hamba-hamba-Nya. Dia bebas dan tidak dibawah perintah siapapun dan Dia melaksanakan apa yang dikehendaki sesuai Kearifan yang dimiliki-Nya. Tak ada apapun yang dapat memerintah Dia, justru Dialah yang memerintah semuanya - dan Dia memerintah kita untuk melakukan kebaikan dan menjauhi keburukan.

Hidup ini penuh dengan berbagai macam kebaikan dan keburukan, disetiap ada kesempatan untuk menguji kesetiaan kita pada kebaikan atau jatuh pada godaan dari nafsu setan. Setiap hari cobaan-cobaan itu harus kita hadapi. Allah berfirman : " Aku akan memberi ujian pada hamba-hamba-Ku." Kalian tidak boleh mengatakan kenapa?", Sehingga jelas ujian dan cobaan sudah menjadi kehendaknya yang tidak perlu kita pertanyakan/diperdebatkan lagi, sebagaimana Allah telah jelas mengatakan : untuk menguji hamba-hamba-Nya, Jika kalian tidak mampu membedakan antara yang baik dan buruk maka kalian berada pada level hewan, dan tidak ada tanggung jawab bagi apa yang kalian lakukan.

Tapi, jika kalian menganggap diri sebagai seorang manusia yang cerdas dan berakal dan perasaan, maka kalian harus sadar bahwa kita punya tanggung jawab dan harus bisa menjawab pertanyaan," Mengapa kalian melakukan sesuatu yang buruk ?" Kebaikan dan keburukan memang selalu melekat di setiap jiwa manusia, sehingga disetiap kita punya peluang berbuat kebaikan maka lakukanlah untuk berbuat baik walau sekecil apapun selagi kita masih bisa mampu untuk melakukanya karena kebaikan sekecil apapun akan diperhitungkan oleh Alloh SWT di akhirat dan itu sudah jelas dalam kita suci Al-qur'an. Dan hindarilah suatu keburukan karena keburukan merupakan sumber keresahan yang membuat kita melakukan perbuatan dosa.

Berbuat kesalahan atau dosa bukan berarti tak ada kesempatan untuk memperbaiki, sesuatu hal yang wajar jika kita pernah melakukan kesalahan ataupun mengalami kegagalan, sebab kita manusia tak pernah luput dari salah dan dosa sehingga yang terpenting bagi kita, kesalahan di masa lalu ibarat sebuah pelajaran yang wajib kita ambil hikmahnya untuk mempersiapkan diri di hari esok yang akan datang. Masa lalu adalah masa kebodohan dan masa depan adalah masa perbaikan sehingga perbaikan bisa dimulai dari sekarang sebelum maut menjemput kita. Semoga kita selalu bisa memaksimalkan kebaikan dan mengesampingkan keburukan yang kita miliki.Aminnn
---semoga bermanfaat---

***disadur dari berbagai sumber***

7 comments:

ilmi November 23, 2011 at 12:19 AM  

postingan yg bagus, makasih banyak infonya.
http://kafebuku.com/rahasia-memaksimalkan-potensi-lewat-kekuatan-pikiran-bawah-sadar-untuk-meraih-kehidupan-yang-kaya/

denpry November 24, 2011 at 10:24 PM  

terima kasih atas kunjungannya

butik busana muslimah December 9, 2011 at 10:38 AM  

setuju Gan, Kebaikan-kebaikan itu pasti ada feedbacknya buat kita dan semua

denpry December 13, 2011 at 4:38 PM  

@butik busana muslimah.. terima kasih saya setuju sekali

Pekerjaan Online March 11, 2012 at 3:39 AM  

Yang butuh kerjaan, mending kerja online:

http://www.paidtotyping.com/?id=ptambu11

Bukti pembayaran :
http://imageshack.us/photo/my-images/710/gambarbuktibayar.jpg

Anonymous,  April 11, 2013 at 2:46 AM  

segala perbuatan akan dihisab, barang siapa berat amal perbuatan baiknya masuk surga, dan sebaliknya jika perbuatan buruk lebih banyak akan ke neraka, sebagai manusia kita dituntun untuk berbuat baik

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers

Popular Posts

KLICK AND PLAY YOUR RADIO CHANEL




RADIO MTA FM SOLO



RADIO HANG BATAM



RADIO SUARAQURAN LOMBOK



RADIO SYIAR SUNNAH JOGYA



RADIO AL MADINAH



RADIO AL MUJAHIDIN



RADIO SUARAWAHDAH



RADIO JAKARTA ISLAMIC CENTER



RADIO ANNAJIYAH BANDUNG



RADIO MQ FM BANDUNG



RADIO ANNASH JAKARTA



RADIO RODJA JAKARTA



RADIO MOESLIM JOGYA



RADIO DAKWAH SYARIAH SOLO



RADIO KAJIAN ONLINE MEDAN



RADIO MANAJEMEN HATI



RADIO AMPEL DENTA SURABAYA



RADIO HIDAYAH PEKANBARU



RADIO AL MUADZ KENDARI



SUARA MUSLIM SURABAYA



RADIO AL IMAN SURABAYA



RADIO NURUSUNNAH FM



RADIO SYIARSUNNAH FM



RADIO SALING SAPA



RADIO RASS FM JAKARTA



RADIO ABATASA FM



RADIO NURIS TANGERANG



RADIO AL HIKMAH BANYUWANGI



  ©Template by denpree creation.